Botox Vs Filler

Botox Vs Filler

Figure 1:Possible Areas For Botox Or Fillers

Botox dan filler menjadi semakin populer akhir-akhir ini, dengan acara TV seperti Dance Moms yang menormalkannya. Mereka terbukti secara klinis meremajakan wajah, membantu kita terlihat cantik dan merasa senang dengan usia kita. Hampir semua orang bermimpi terlihat muda, dengan kulit yang lembut dan cerah, karena kulit yang baik adalah satu hal yang tidak pernah ketinggalan zaman. Karena semakin umumnya penggunaan botox dan filler, kita semua bertanya-tanya, apa perbedaan antara keduanya?

Apa itu Botox?

Ini adalah singkatan dari botulinum toxin. Ini tidak berbahaya dan digunakan sebagai obat pada berbagai spesialis saat ini (lihat tabel dibawah). Ini adalah toksin yang dihasilkan oleh bakteri peracun makanan berpuluh-puluh tahun yang lalu, tapi dengan teknologi yang mutakhir, toksin ini sekarang dapat diproduksi dengan bakteri baik dan dimodifikasi sehingga kita tidak akan pernah keracunan karena obat ini.

SpesialisPenyakit
Spesialis NeurologiSakit kepala migrain
ENT atau dokter gigiSindrom TMJ, gigi bergesekan
Spesialis MataStrabismus (mata tidak sejajar saat melihat obyek)
Spesialis RehabilitasiKekakuan post stroke
Spesialis NyeriMenghilangkan nyeri untuk sendi dan otot
Spesialis UrologiKandung kemih overaktif
Spesialis KulitKeringat berlebihan pada telapak tangan dan ketiak, keloid
Estetika/bedah plastikKeriput, face-lifting, pengurusan wajah, memperbaiki garis leher

Bagaimana cara kerja botox?

Gambar 2: Gambar Sebelum & Sesudah Botox Pada Garis Kerutan & Sekitar Mata

Botox bekerja dengan memblok sinyal saraf pada otot dimana obat ini diinjeksikan. Ketika sinyal saraf terhalang, otot yang terpengaruh menjadi tidak aktif atau beristirahat sementara. Dengan berkurangnya gerakan otot, kulit dan keriput diatasnya memiliki kesempatan untuk beristirahat dan menyembuh (ya, lipatan dan keriput adalah bentuk trauma kulit). Umumnya, keriput pada wajah bagian atas dapat diobati dengan efektif seperti kaki gagak (keriput disekitar mata ketika tersenyum), garis kerutan antara alis dan garis dahi ketika mengangkat alis atau melihat keatas.

Apakah wajah saya akan menjadi kaku atau “plastik”?

Kesalahpahaman yang umum adalah bahwa botox akan menyebabkan wajah ‘plastik’ atau kaku. Faktanya adalah bahwa botox akan merilekskan otot wajah dengan sementara memblok impus saraf yang  terhubung ke otot. Ini tidak menyebabkan kerusakan pada saraf atau otot. Ini akan sembuh dalam 6 bulan tanpa efek samping jangka panjang. Dengan dosis dan penanganan yang tepat oleh profesional, anda tidak akan pernah menderita ‘wajah plastik’.

Mitos – Apakah saya akan ketagihan? Jika saya berhenti, apakah wajah saya akan bertambah buruk?

Anda tidak akan ketagihan botox secara fisik tapi beberapa pasien mungkin terikat secara psikologis. Setelah mereka melihat efek kecantikan dari perawatan ini, mereka ingin melanjutkannya. Namun, tubuh kita tidak akan menderita jika kita berhenti melakukannya. Dokter yang profesional dan bertanggung jawab akan menyarankan pasien hanya melakukan seperlunya dan menghindari koreksi berlebihan.

Apakah ada downtime?

Tidak ada downtime dari botox itu sendiri, tapi terkadang memar atau bengkak minimal dapat terjadi jika secara tidak sengaja mengenai pembuluh darah. Pasien dapat langsung melanjutkan aktivitas sehari-hari. Ini biasanya dilakukan saat istirahat makan siang dan pasien langsung kembali bekerja setelah perawatan.

Apakah ada rasa nyeri?

Prosedur ini sederhana dan singkat, memakan waktu sekitar 5-10 menit. Dengan kompres dingin yang cukup, rasa tidak nyamannya minimal. Hasil dapat terlihat setelah 3-4 hari.

Siapa yang cocok untuk perawatan ini? 

 

Gambar 3: Pengurusan Rahang Sebelum & Sesudah

Anda dapat mempertimbangkan perawatan ini jika anda mencari perawatan untuk mengurangi keriput, face lifting, pengurusan wajah, penggesekan gigi, pengurangan garis leher, keringat berlebihan pada telapak tangan atau ketiak.

Apa itu filler?

Hilangnya volume wajah (kolagen, massa tulang dan otot) membuat kita terlihat tua, longgar dan lelah. Penggantian langsung volume pada wajah akan mengoreksi defek ini secara efektif. Filler tradisional normalnya terbuat dari asam hyaluronat (HA), yang merupakan senyawa alami di tubuh kita yang hilang seiring bertambahnya usia. Filler memberikan volume pada wajah, menyokongnya dan sehingga mengangkat dan meremajakan wajah.

Figure 4: Before After Fillers On Forehead

Filler asam hyaluronat (HA) pertama kali digunakan dan disetujui oleh FDA pada tahun 2006,  setelah menggunakan lemak dari tubuh pada tahun 1983, silikon pada tahun 40an dan 50an, dan kolagen sapi pada tahun 70an.

Pada tahun 2009, ada terobosan di industri filler dimana filler stimulan kolagen baru diperkenalkan. Ini disebut Ellanse (terbuat dari bahan biostimulasi sintetik yang disebut polycaprolactone PCL). Ini adalah filler inovatif yang dapat menstimulasi kolagen pasien itu sendiri dan bertahan lebih lama (hingga 4 tahun). Filler HA tradisional biasanya bertahan 1 tahun.

Bagaimana cara kerja filler?

Seperti botox, filler diinjeksikan menggunakan jarum halus, dan prosedurnya sederhana dan hanya memakan waktu 5-10 menit. Filler HA dapat diserap oleh metabolisme tubuh kita. Ini juga reversibel, filler yang tidak diinginkan dapat ditangani dengan enzim dalam satu hari.

Apakah ini akan menyebabkan benjolan?

Banyak orang yang takut dengan hal ini. Namun, benjolan dan lekukan yang tidak alami lebih sering terjadi dengan filler tua yang terbuat dari kolagen silikon/buatan. Dengan produk berkualitas baik dan dokter yang profesional, benjolan sudah jarang terjadi.

Apakah ini akan menyebabkan penampilan yang tidak alami?

Kita semua sudah melihat selebriti dan orang-orang di jalan yang terlihat memakai “terlalu banyak” filler. Ini dapat disebabkan produk berkualitas buruk, preferensi pasien atau dokter yang terlalu berlebihan.

Untuk menghindari koreksi filler berlebihan, penting bahwa anda mengkomunikasikan dengan dokter anda dan mengambil pendekatan bertahap. Mulai dengan jumlah filler yang lebih kecil (1-2 ml) dan perkirakan hasil yang anda inginkan. Dokter yang tepat akan mampu memandu anda dalam aspek ini dan mempertahankan keseimbangan harmoni wajah anda.

Apakah ada downtime?

Biasanya tidak, kecuali adanya bengkak atau memar karena injeksi (yang jarang terjadi). Memar (jika terjadi) biasanya kecil dan dapat dengan mudah ditutupi dengan makeup.

Siapa yang cocok untuk perawatan ini?

Figure 5: Tired Eye Before & After Fillers

Anda memerlukan filler jika anda ingin mengatasi hal-hal berikut:  

–       Terlihat lelah dengan lingkaran mata hitam

–       Pipi cekung

–       Garis tawa yang dalam yang membuat anda terlihat sedih

–       Garis Marionette dalam (garis vertikal yang berjalan dari sudut mulut turun ke garis rahang)

–       Hidung pesek, dagu pendek

–       Dahu dan pelipis cekung

Filler umumnya digunakan untuk mengisi area dibawah mata dan pipi untuk mengkoreksi lingkaran mata hitam dan pipi cekung. Ini dapat membuat seseorang langsung terlihat segar. Filler juga dapat digunakan untuk memperbaiki hidung dan dagu untuk membuatnya lebih tajam. Beberapa orang bahkan memilih untuk mengisi dahi dan pelipis untuk terlihatl lebih mudah.

Kesimpulan

Kesimpulannya, baik botox dan filler adalah solusi yang sangat efektif untuk mendapatkan kembali dan mempertahankan penampilan awet muda. Setiap tahun jutaan prosedur botox dan filler dilakukan dan keduanya tetap menjaga catatan keamanan yang baik. Jadi ayo buka pikiran kita terhadap tren anti-penuaan ini dan konsultasi dengan seorang profesional untuk melihat mana yang terbaik untuk anda.

Bagaimana Menghubungi Kami

Silahkan hubungi kami untuk pertanyaan lebih lanjut mengenai harga, prosedur atau ingin berkonsultasi.

Alamat: 1 Raffles link 01-03C Singapore 039393

Email: enquiries@kowayo.com

No Telp: 6884 4297

 

Jam Kerja

Senin – Jumat 11:00am – 8:00pm | Sabtu  11:00am – 6:00pm | Minggu & Libur Nasional Tutup